Saturday, September 23, 2023

Itu Pilihanmu.

Eleanor Roosevelt pernah berkata, “Tidak ada seorang pun yang dapat membuat Anda merasa rendah diri tanpa persetujuan Anda.” Dengan kata lain, tidak ada seorang pun yang bisa membuat Anda merasa tidak berharga kecuali Anda memberi izin kepada mereka.

Sebagai manusia, banyak di antara kita yang menganggap hal-hal negatif yang dikatakan orang lain tentang kita dan menganggap kata-kata mereka sebagai hinaan. Misalnya, Anda adalah seorang karyawan baru, mendapat ocehan dari atasan atas suatu kesalahan kecil yang dibuat. Beberapa rekan Anda berkomentar, "Tugas semudah itu saja bisa salah!" Anda terhina dengan ini.

Padahal Anda telah berusaha untuk melakukannya dengan baik, namun karena ini hal yang baru mungkin Anda perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Komentar negatif yang dilontarkan oleh teman-teman Anda dianggap sangat pribadi. Dari sini, harga diri dan kepercayaan diri Anda menurun drastis.

Ketika seseorang mengatakan sesuatu yang mungkin menghina atau menyakitkan, orang tersebut mempunyai pilihan untuk membiarkannya berlalu dan melanjutkan atau menerimanya, menurunkan derajatnya, dan menghancurkan dirinya sendiri. Jika Anda mengetahui siapa diri Anda sebagai pribadi, tujuan hidup Anda, dan pencapaian Anda sejauh ini, meskipun kecil, Anda harus cukup kuat untuk mengabaikan komentar yang membuat frustrasi.

Situasi tertentu dengan keluarga, kondisi tempat tinggal, lingkungan, dan lain sebagainya bisa membuat seseorang merasa rendah diri pula. Anda mungkin memiliki kehidupan yang sulit dengan banyak rintangan yang harus diatasi. Dalam situasi apa pun, Anda mempunyai pilihan untuk melakukan yang terbaik dari apa yang Anda miliki dan menjaga sikap positif terhadap hidup Anda.

Saya mendukung kutipan Eleanor Roosevelt, “Tidak ada seorang pun yang dapat membuat Anda merasa rendah diri tanpa persetujuan Anda.” Itu benar-benar pilihan Anda untuk membiarkan tindakan atau kata-kata konyol seseorang mengganggu Anda dan menjadi rendah diri. Anda juga punya pilihan untuk membiarkannya berlalu, mengingat siapa Anda, dan mungkin menggunakan kata-kata mereka untuk memotivasi Anda berusaha lebih keras dan menjadi orang yang lebih baik. Buat Pilihan yang Bijak! πŸ˜‰ πŸ˜‰ πŸ˜‰

No comments: