Saturday, November 11, 2023

Penyesalan Terakhir?

Seorang perawat Australia yang bekerja di bagian perawatan paliatif, Bronnie Ware, menghabiskan hari-harinya dengan orang yang hanya memiliki waktu 12 minggu untuk hidup dan yang telah dikirim pulang ke rumah untuk beristirahat dengan dama.

Dalam bukunya "The Top Five Regrets of the Dying", Ware merekam cerita hidup orang-orang yang sedang menghadapi kematian. Ketika ditanya tentang penyesalan yang mungkin mereka miliki atau apa yang ingin mereka lakukan secara berbeda kalau punya kesempatan.

Berikut adalah lima penyesalan yang paling umum; Bisa lebih bahagia, tetap berkontak dengan teman, mengungkapkan perasaan mereka, tidak bekerja terlalu keras, serta menjalani kehidupan yang ingin mereka jalani dan bukan kehidupan yang dituntut dari mereka.

Begitu kehilangan kesehatan, sudah terlambat. Kesehatan mendatangkan kebebasan yang hanya disadari oleh sedikit orang sampai mereka tidak lagi memiliki kebebasan itu.

Dengan menyederhanakan gaya hidup dan membuat pilihan yang disadari di sepanjang jalan, mungkin saja kita tidak membutuhkan begitu banyak penghasilan seperti yang kita pikirkan. Dengan menciptakan lebih banyak ruang dalam hidup, Anda menjadi lebih bahagia dan lebih terbuka kepada peluang-peluang baru yang lebih cocok dengan gaya hidup Anda.

Mumpung masih ada kesempatan sekarang, apa yang hendak Anda lakukan berbeda mulai dari sekarang?

PS: Source book "The Answer" page 60 - Allan & Barbara Pease.

No comments: