Monday, October 23, 2023

Rasa bersalah kompleks (Guilt Complex).

Adalah hal yang sangat wajar jika Anda ingin menghasilkan uang dan mengumpulkan kekayaan. Ini dikarenakan Uang dapat memberi keluarga Anda dan diri Anda standar hidup yang layak. Dengan Uang kita dapat membantu mereka yang kurang beruntung. Uang merupakan salah satu sarana untuk hidup seutuhnya.

Orang yang mengatakan tidak menginginkannya, atau pas-pasan aja sudah cukup, atau ingin menjadi miskin asal bahagia, biasanya menderita rasa bersalah kompleks (Guilt Complex) atau merasa tidak layak/tidak mampu. Hal ini seperti seorang murid yang merasa tidak bisa mendapat Grade A di suatu pelajaran sekolah, atau ingin masuk ke tim sepak bola, jadi dia pura-pura tidak ingin mendapat Grade A atau mengatakan tidak suka bermain sepak bola.

Ini hanya salah satu contoh permasalahan psikologis. Kelihatannya itu bukan suatu masalah yang signifikan, namun dapat berkemungkinan untuk mempengaruhi kepercayaan diri, merasa tidak aman, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kinerja pencapaian seseorang dan hubungan dengan orang lain. Jika permasalahan yang dihadapi adalah sebuah trauma mendalam, bahkan bisa menyebabkan depresi.

Jadi mungkin saja jika saat ini kinerja tidak baik itu adalah permasalahan dengan Self-Talk dan Belief System yang bersarang di pemikiran kita. Akui dan renungkan permasalahannya, coba identifikasi apa yang menjadi kekuatanmu. Latih untuk melakukan Positive Self-Talk dengan melihat, berpikir dan bertindak positif. Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang Optimis.

Semoga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja di Kwartal terakhir 2023.

PS: Painting by Seulgi Kim - "But I am with you".

No comments: