Thursday, February 23, 2023

Bagaimana menghadapi Era Artificial Intelligent (AI)?

Perkembangan AI (Artificial Inteligent) dan Viralnya kemampuan ChatGPT yang luar biasa, ada sebagian orang yang merasa khawatir.

Khawatir bahwa ada pekerjaan yang tergantikan oleh Robot/Mesin. Mungkin seperti film Terminator, Rise of the Machines - Para Robot berbalik memberontak terhadap manusia.

Kekhawatiran itu Normal. Namun, harus disadari bahwa kita masih dalam Bisnis yang berhubungan dengan manusia - walaupun AI bisa mengambil alih banyak pekerjaan analisis dan pekerjaan otomatisasi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Institusi Riset Stanford, Uang yang Anda hasilkan ditentukan hanya 12,5% oleh pengetahuan dan 87,5% oleh kemampuan Anda untuk berurusan dengan orang lain.

Jadi menurut Eric Feng, seorang pembicara, penulis, Sales Strategist Coach, Jika ingin mempertahankan pekerjaan atau mendapat pekerjaan yang berpendapatan tinggi 8 skill ini yang harus dimiliki:

- Mampu Terhubung dengan orang secara emosi
- Punya Selera humor yang membantu orang bahagia
- Memiliki kesadaran akan konteks budaya dan sosial
- Mampu membaca pikiran, perasaan, dan kebutuhan
- Mampu mempengaruhi orang dengan cara berpikir Anda
- Mampu bicara dengan singkat, jelas dan menyakinkan
- Mampu Memotivasi dan membantu orang untuk tetap positif
- Kuat dalam mengelola orang yang sulit

No. 1 - 4 membantu orang berhubungan dengan orang lain.
Keempat berikutnya menolong Anda untuk memimpin orang lain.

Jadi masih khawatir dengan kemampuan AI? Jangan ya, Mari fokuskan untuk meningkatkan kemampuan Diri terutama dalam hal People Skill.

No comments: