Thursday, January 26, 2023

Kendalikan Pemikiran Anda.

Pernahkah Anda dengan hanya melihat gambar Jeruk Nipis aja, Anda langsung mengernyitkan muka dan mata Anda. Seolah Anda sedang merasakan asamnya rasa jeruk nipis tersebut.

Ini membuktikan bahwa otak kita tidak bisa membedakan antara fakta atau hanya imajinasi, lalu memberikan memerintahkan reaksi pada tubuh kita, berdasarkan pengalaman apa yang pernah kita atau orang lain rasakan.

Sebenarnya desain tersebut bertujuan untuk sebagai Defense sistem kita, dalam menghadapi berbagai kondisi bahaya, dan itu sistem pencegahannya.

Namun, jika itu bereaksi secara berlebihan itu lah yang suka disebut "Over reactive", sehingga bisa menyebabkan orang tersebut stress atau malah lumpuh dan enggan melakukan apa-apa.

Contoh: Seorang Sales melakukan penawaran produk kepada seorang customer, lalu ternyata ditolak. Lalu melakukan penawaran berikutnya ditolak lagi, sampai beberapa kali.

Setelah itu mungkin saja sales tersebut enggan melakukan penawaran berikutnya. Atau mungkin juga merasa pekerjaan sales tidak cocok dengan dirinya. Hal tersebut dikarenakan dia sudah membayangkan akan ditolak lagi.

Alih-alih seharusnya dia menantang diri sendiri dengan bertanya, "Bagaimana ya supaya saya bisa mencapai target penjualan?". Lalu mulai mencari pelatihan, memperbaiki diri dan memperbanyak jam terbang. Dan mungkin saja akhirnya dia berhasil.

Jadi kendalikan Pemikiran Anda jika ingin berhasil. Kesuksesan ditentukan oleh Pertanyaan yang kamu tanyakan kepada dirimu sendiri.

No comments: