Friday, January 13, 2023

Renungan Menjelang Tahun Baru Imlek.

Lukisan sembilan Ikan Koi, terdiri dari delapan warna merah atau emas dan satu hitam - dalam feng shui dipercaya akan menarik kekayaan dan kemakmuran ke dalam rumah orang yang memasang lukisannya.

Koi hitam tunggal menyerap semua energi (chi) negatif dari daerah sekitar, sedangkan delapan koi merah dan emas menarik chi positif/sehat.

Beda dengan Feng shui - berdasarkan pengalaman pribadi; kekayaan, kemakmuran dan sukses itu tidak ada yang instant, semua butuh proses.

Proses ini diilustrasikan seperti bayi belajar berjalan, tidak ada orang di dunia ini bisa lari ketika baru dilahirkan. Seorang bayi perlu melalui proses pertumbuhan sebelum mereka akhirnya bisa melakukan langkah pertama, lalu jalan tidak stabil, jalan dengan stabil, dan akhirnya bisa lari.

Dalam proses tersebut, banyak pengalaman yang tidak mengenakan, seperti jatuh atau tersandung, tidak hanya sekali, puluhan atau ratusan kali. Setelah proses berulang-ulang, kaki semakin kuat dan akhirnya seorang bayi bisa berjalan lalu berlari.

Namun, Bagaimana untuk mereka yang lahir beruntung dalam keluarga yang mampu dan punya posisi memulai yang lebih baik? Bukankah kesuksesannya bisa ditentukan oleh kondisi pada saat mereka lahir?

Saya ingin menjawabnya dengan ilustrasi berikut: ketika seseorang bertanya "Mengapa rambutmu keriting?" Dia akan menjawab, "Kakek nenek dan orang tua saya berambut keriting, maka saya berambut keriting". Mungkin itu jawaban yang masuk akal.

Namun, jika ditanya "kenapa kamu tidak sukses?". Orang akan menertawakan jika orang tersebut menjawab "Orang tua dan Kakek nenek saya adalah orang tidak sukses, maka kami secara genetik adalah orang-orang tidak sukses", karena semua orang mengerti tidak peduli kondisi apapun, seseorang bisa berhasil dan sukses, jika Dia cukup gigih untuk berusaha.

Jika kesempatan muncul sekali itu mungkin keberuntungan, jika muncul dua kali itu mungkin kebetulan. Tetapi jika muncul ketiga kali maka itu adalah suatu pola. Keberuntungan adalah keren, tapi saya percaya keberuntungan muncul setelah ada usaha.

Bagaimana menurut teman2? Feel free to comment.

No comments: