Monday, January 01, 2024

Hanya baik-baik saja tidak cukup.

Tidak berasa kita sudah sampai di tahun 2024, di mana tiga tahun sebelumnya kewalahan oleh Pandemic Covid-19. Kurun waktu tiga tahun itu saya melihat perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, apa dan siapa yang akhirnya bertahan.

CEO Nokia dalam penutupan pidato terakhirnya berkata, ketika perusahaan ponsel tersebut dibeli oleh Microsoft satu dekade yang lalu, "We didn't do anything wrong, but somehow, we lost". - Kami tidak melakukan kesalahan apapun, tetapi entah bagaimana, kami kalah.

Pada saat itu Nokia adalah perusahaan yang bonafide. Mereka tidak melakukan kesalahan apapun, hanya saja dunia berubah begitu cepat dan Kompetitornya lebih dahsyat.

Mereka melupakan pembelajaran dan perubahan yang cepat, sehingga kehilangan kesempatan untuk mendapat keuntungan besar. Tidak hanya itu, mereka juga kehilangan kesempatan untuk bertahan di bisnis.

Moralnya adalah jika Anda tidak berubah, Anda akan keluar dari kompetisi. Tidak ada salahnya jika tidak ingin belajar hal baru. Namun, jika pikiran dan pola pikir Anda tidak bisa mengikuti zaman maka akan tersingkir.

Anda tidak perlu melakukan kesalahan apa pun, selama pesaing Anda menangkap kesempatan dan melakukannya dengan benar, Anda bisa kalah dan gagal.

Mereka yang menolak untuk belajar dan berkembang, suatu saat pasti akan tersingkir dan menjadi tidak relevan. Pada saat mereka menyadarinya, semua sudah terlambat. Jangan lupa untuk terus bertumbuh!

No comments: