Sunday, January 14, 2024

Pelajaran dari Seekor Keledai.

Sebuah cerita inspiratif untuk mengawali tahun 2024, semoga memberi semangat! 😊

Seekor keledai milik seorang petani jatuh ke sumur. Hewan itu menangis berjam-jam, sementara petani mencari cara untuk mengeluarkannya. Akhirnya si petani memutuskan bahwa hewan itu sudah tua, lagi pula sumur itu perlu diuruk; tidak ada gunanya untuk mengeluarkan keledai itu dari sana.

Si petani mengajak tetangga untuk datang menolongnya. Masing-masing tetangga membawa pacul dan mulai menguruk sumur dengan tanah. Pada awalnya, keledai menyadari apa yang terjadi dan menangis ketakutan. Lalu tiba-tiba, keledai itu diam. Beberapa saat kemudian, petani menatap ke dalam sumur. Ia takjub pada apa yang dilihatnya. Bersama setiap lemparan tanah pada punggungnya, keledai itu mengibaskannya dan naik satu langkah. Segera saja semua orang takjub ketika keledai melangkah keluar dari tepi sumur dan berlari menjauh!

Moral dari cerita: Terlepas dari apakah Anda suka atau tidak, hidup akan "melempar" segala jenis kotoran kepada Anda. Kiat untuk keluar dari lubang adalah mengibaskan kotoran dan naik satu langkah. Malah sebenarnya, setiap masalah Anda adalah batu pijakan untuk keluar. Kita bisa memanjat keluar dari sumur yang terdalam dengan tidak berhenti dan tidak menyerah untuk mengibaskan kotoran dan naik satu langkah.

Keesokan harinya, keledai itu kembali dan menendang orang-orang yang berusaha menguburnya. Jadi, ingatlah selalu bahwa jika Anda pikir mengubur masalah adalah jalan keluar yang mudah, masalah itu akan selalu kembali untuk menggigit Anda.

Ps: dikutip dari buku "The Answer" - Bab 12 Mengatasi Takut dan Cemas.

No comments: