Thursday, July 06, 2023

Dua Serigala - Sebuah Cerita Cherokee (dari budaya Indian)

Seorang anak laki-laki mendatangi kakeknya, dipenuhi amarah pada anak laki-laki lain yang telah melakukan ketidakadilan padanya.

Kakek tua itu berkata kepada cucunya, "Izinkan saya menceritakan sebuah kisah. Saya juga, kadang-kadang, merasakan kebencian yang besar terhadap mereka yang telah menguasai diri saya, tanpa ada kesedihan atas apa yang mereka lakukan. Tapi kebencian melemahkanmu, dan kebencian tidak menyakiti musuhmu. Kebencian itu seperti meminum racun dan berharap musuhmu mati. Aku telah bergumul dengan perasaan ini berkali-kali".

"Seolah-olah ada dua serigala di dalam diriku; satu serigala itu baik dan tidak menyakiti. Dia hidup harmonis dengan sekelilingnya dan tidak tersinggung ketika tidak ada pelanggaran yang dimaksudkan. Dia hanya akan bertarung jika benar untuk lakukan itu, dan dengan cara yang benar. Tapi serigala lainnya, penuh amarah. Hal terkecil akan membuatnya marah".

"Dia melawan semua orang, sepanjang waktu, tanpa alasan. Dia tidak bisa berpikir karena kemarahan dan kebenciannya begitu besar. Itu adalah kemarahan yang tak berdaya, karena kemarahannya tidak akan mengubah apapun. Terkadang sulit untuk hidup dengan dua serigala di dalam diriku ini, karena kedua serigala mencoba mendominasi jiwaku".

Anak laki-laki itu menatap tajam ke mata Kakeknya dan bertanya, "Serigala mana yang akan menang, Kakek?" Kakek tersenyum dan berkata, "Yang saya beri makan".

Moral dari Cerita:
Seperti apa kita, tergantung dari Reaksi kita terhadap hal-hal yang sedang terjadi pada kita. Jadi pilih dengan bijak reaksi apa yang akan kita berikan.

No comments: