Sunday, June 18, 2023

Proses membuat kemajuan.

Ini adalah salah satu alasan orang gagal membuat perubahan. Pada saat mulai membuat beberapa perubahan kecil, tetapi tidak melihat hasil nyata, lalu memutuskan berhenti.

"Aku sudah lari pagi setiap hari selama sebulan, tetapi kenapa aku tidak melihat perubahan apapun pada tubuhku?"
"Aku sudah mencoba apa yang sudah diajarkan sebanyak tiga kali, tetapi tidak closing".
"Aku sudah mengganti pola makan seperti yang dianjurkan selama 2 minggu, tetapi tidak ada kemajuan kesembuhan sakitku."

Begitu pikiran seperti ini berkuasa, langkah berikutnya adalah berhenti dari apa yang sudah dimulai.

Menurut buku "Atomic Habits" - James Clear, agar mendapatkan perubahan yang bermakna, kebiasaan perlu dipertahankan cukup lama untuk menerobos "Dataran Potensi Laten", baru bisa membawa perubahan.

Bayangkan sebuah balok es diletakan di meja. Temperatur saat ini -3,5 derajat celcius. Meskipun pelan, ruangan mulai menghangat, -3, -2.5, -2, -1.5, -1, -0.5, masih belum terjadi apa-apa, kemudian 0 derajat. Es mulai meleleh. Kenaikan temperatur setengah derajat tidak berbeda dari kenaikan temperatur sebelumnya, tetapi yang terakhir memicu perubahan besar.

Peristiwa terobosan sering kali terjadi akibat banyak aksi sebelumnya, yang menghimpun potensi sampai cukup untuk memicu perubahan besar. Pola ini terjadi di mana-mana, termasuk Kanker, yang menghabiskan 80% hidupnya tanpa ketahuan, dan tiba-tiba menguasai seluruh tubuh dalam hitungan bulan. Bambu hampir tidak terlihat selama 5 tahun pertama hidupnya, karena sibuk membangun sistem akar yang kukuh di bawah tanah sebelum menjulang puluhan meter ke udara dalam rentang 6 minggu.

Kita sering berharap kemajuan berlangsung secara linear, cepat. Kenyataannya sering kali tertunda. Baru setelah berbulan2 atau bertahun2 kemudian baru merasakan kerja keras yang dijalani sebelumnya. Situasi ini dapat menimbulkan kekecewaan, merasa putus asa dan menyerah. Bagaimanapun, usaha itu tidak sia-sia, hanya ditabung. Mungkin agak lama kemudian, nilai usaha2 terdahulu baru mendatangkan hasil. Bersabarlah dalam berproses.
PS: Tersinpirasi dan disadur dari Buku Atomic Habits - James Clear.

No comments: