Saturday, May 06, 2023

Permasalahan dengan Waktu.

Waktu adalah komoditas paling berharga dalam hidup. Setiap dari kita memiliki waktu yang sama, 86.400 detik - Tidak ada seorang pun mendapat lebih atau kurang setiap harinya. Waktu yang diberikan tidak bisa ditabungkan untuk hari esok, dan harus dihabiskan dalam sehari. Oleh karena itu kita harus menentukan pilihan yang tepat dalam menggunakan waktu tersebut.

Sering kali kita berpikir bahwa kita tidak punya pilihan dalam menentukan prioritas dalam menggunakan waktu kita - seperti karena Deadline dan Meeting, kita sangat fokus dengan pekerjaan dan tidak punya waktu untuk hal-hal lain, seperti ambil raport anak, nonton performance atau pertandingan anak, dan lain-lain. Kita berpikir bahwa pekerjaan itu tidak bisa ditunda atau didelegasikan.

Bahkan seringkali kita juga lupa, kita harus menyisihkan waktu untuk menjaga kebugaran tubuh fisik kita, seperti olah raga, istirahat dan asupan yang cukup, serta kebutuhan Mental dan spiritual juga harus dipenuhi.

Namun, ketika terjadi sakit maka sepertinya semua terhenti. Pekerjaan kita pun bisa digantikan oleh orang lain. Tiba-tiba kita punya waktu untuk istirahat, dan punya waktu untuk pergi medical check up, dan konsultasi kepada ahlinya. Punya waktu untuk ketemu keluarga di rumah, walau dalam kondisi tidak prima.

Sungguh sangat disayangkan, terkadang kesadaran datang di akhir. Oleh karena itu selagi punya waktu, buat pilihan yang bijak untuk diri dan keluarga, Hidup seimbang!

No comments: