Wednesday, May 24, 2023

Banyak pekerjaan yang hilang, so what?

Dengan perubahan zaman dan teknologi, tidak dapat dipungkiri akan mempengaruhi banyak aspek kehidupan, seperti kebutuhan maupun pekerjaan.

Saya masih ingat waktu masih SD pernah ditugaskan untuk menulis surat dan pergi ke kantor pos untuk mengirimkan surat tersebut. Dari sana saya mengenal yang namanya Perangko.

Lalu juga pernah ditugaskan ke Bank untuk membuka rekening saat itu namanya Bank Exim (Sekarang sudah merger menjadi Bank Mandiri), untuk belajar menabung.

Sekarang untuk mengirimkan informasi hanya sebatas ujung jari, mau melakukan transaksi perbankan pun hanya hanya tinggal buka gadget. Dulu ramai-ramai pergi ke taman baca, sekarang kalau mau pergi ke kafe/restoran yang dicari adalah Wi-Fi.

Dengan perubahan zaman memang banyak pekerjaan yang akan hilang (seperti dalam gambar) karena tidak dibutuhkan lagi, namun juga banyak pekerjaan baru yang muncul:
- Content Creator
- Digital Marketing
- Sales Online
- Data Scientist
- Konsultan keuangan
- Manajer Avatar
- Kurator Digital
- Konsultasi Kesejahteraan Lansia
- Solar Technology Specialist
- Asisten/Konsultan Robot

Artinya perubahan akan selalu ada, tapi bukan untuk dikhawatirkan, justru kita juga harus ikut beradaptasi dan meningkatkan keahlian supaya bisa mengikuti perubahan itu dan Tetap Relevan di Dunia Kerja. 😊😉🙂

No comments: