Sunday, March 17, 2024

Membangun Self-Image.

Apa itu Self-Image? cara seseorang memandang dirinya sendiri, pencapaiannya dan nilainya bagi masyarakat. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal sejak usia dini, seperti pola asuh orang tua, berbagai pengalaman dengan guru, teman dan keluarga.

Dalam sesi coaching rutin yang saya ikuti, didiskusikan bahwa Self-Image merupakan salah satu faktor penting yang menentukan seseorang itu berhasil atau tidak, karena bagaimana kamu berpikir tentang dirimu sendiri dapat mempengaruhi bagaimana kamu berinteraksi dengan orang lain di sekitar kamu.

Self-Image positif dapat membantu mengenali kelebihan dan potensi diri, serta bersikap realistis mengenai keterbatasan yang dimiliki. Sebaliknya Self-Image negatif hanya akan membuat seseorang berfokus pada kesalahan dan kelemahan sehingga melumpuhkan keinginan untuk melakukan sesuatu dan mencapai prestasi.

Namun untungnya Self-Image ini bersifat dinamis dan selalu berubah. Self-Image yang sehat dapat dibangun mulai dengan menerima diri dan mencintai diri, identifikasi hal-hal traumatis di masa lalu, buat hal-hal positif tentang diri, kembangkan kelebihan pribadi, dan ingat kamu sudah sampai di titik ini, dan sudah banyak hal berat yg dapat kamu lalui, lakukan Afirmasi positif.

Jadi kamu mau bangun self-image yang sehat?

"If you get the inside right, the outside will fall into place." - Eckhart Tolle.

No comments: