Friday, February 23, 2024

Jangan berargumen.

Dalam enam bulan belakangan saya sedang belajar untuk mengembangkan interpersonal skill, belajar cara berkomunikasi supaya setiap orang yang berinteraksi dengan saya merasa lebih baik.

Satu hal yang paling penting selalu saya ingat adalah menghindari argumen. Menurut Dale Carnegie dalam bukunya "How to win friends & influence people" menulis bahwa Berdebat dengan orang lain jarang sekali membuahkan hasil, biasanya perdebatan berakhir dengan satu pihak semakin yakin dengan kebenaran dirinya.

Dave Barry yang humoris mengutarakan poin ini dengan baik saat dia berkata: "Saya pintar berdebat. Coba tanya teman-teman saya yang tersisa. Saya bisa memenangkan perdebatan dalam topik apa saja, melawan siapa saja. Orang-orang yang mengetahuinya, dan menjauhi saya di pesta-pesta. Sering kali, sebagai tanda hormat mereka kepada saya, mereka bahkan tidak mengundang saya".

Alih-alih berdebat, lebih baik memilih cara yang lebih tinggi dan efektif adalah memenangkan hati lawan bicara kita dengan kesopanan dan itikad baik.

"Kita semua tahu cara mendapatkan perhatian. Tetapi hanya sedikit yang tahu cara mendapatkan perhatian dan rasa hormat pada saat bersamaan" - Esther Jeles, Corporate Behavioural Specialist.

If you have to choose between being Kind and being Right, choose being kind and you will be right". 😉😉😉

No comments: