Saturday, June 01, 2024

Terkadang Niat Awal Terlupakan.

Hari Sabtu libur (Hari Lahir Pancasila), yang biasanya merupakan Hari berkantor saya. Di Waktu luang itu saya membaca buku yang merupakan pemberian seorang Teman, dari Our Daily Bread Ministries, berjudul ,The Race: How to Live and Finish Well, karya Robert M. Solomon.

Kisah awal dari bab 2 membuat saya merenung mendalam - berikut adalah terjemahan bebasnya:
Clovis Chappell, seorang pendeta Metodis dari abad lalu, menceritakan kisah tentang dua Kapal Pengangkut barang menyusuri sungai di bagian selatan Amerika Serikat. Mereka meninggalkan Memphis, sebuah kota di sepanjang Sungai Mississipi, pada waktu yang hampir bersamaan. Saat perahu-perahu itu berlayar menyusuri Sungai Mississipi menuju New Orleans, para pelaut dari satu kapal mencemooh para pelaut di kapal lain, mengejek kecepatan siput mereka.

Saling bertukar kata-kata. Tantangan pun dibuat. Dan perlombaan pun dimulai. Persaingan menjadi sengit saat kedua Kapal itu melaju menyusuri Sungai Mississipi.

Satu perahu mulai tertinggal karena kehabisan bahan bakar. Mereka punya banyak batu bara untuk perjalanan, tapi tidak cukup untuk balapan. Saat kapalnya melambat, seorang pelaut muda mengambil sebagian kargo kapal dan melemparkannya ke dalam oven. Para pelaut mengisi bahan bakar kapal mereka dengan kargo yang ditugaskan untuk mereka angkut. Mereka akhirnya memenangkan perlombaan tetapi membakar kargo mereka.

Tuhan juga telah mempercayakan kargo kepada kita: Anak-anak, pasangan, teman-teman. Tugas kita adalah melakukan bagian kita agar kargo ini mencapai tujuannya. Namun berapa banyak orang yang tidak pernah mencapai tujuan ini karena sifat kompetitif yang agresif? Berapa banyak kargo yang kita korbankan demi mencapai nomor satu? Dalam perlombaan untuk sukses, kita sering lupa bahwa keluarga dan sesama itu lebih penting.

Jangan salah pilih perlombaan hidup dan membiarkan ambisi menghilangkan fokus Anda!

"It's not what's happening to you now or what has happened in your past that determines who you become. Rather, it's your decisions about what to focus on, what things mean to you, and what you're going to do about them that will determine your ultimate destiny. -- Anthony Robbins.

No comments: